//
you're reading...
News

Pakar: RI Respons Krisis dengan Tepat

Sejumlah pakar ekonomi menilai Indonesia berada pada posisi yang baik dalam merespons krisis finansial global yang melanda negara-negara maju saat ini. Lead Economist dari Bank Dunia William E Wallace di Jakarta, Rabu, mengatakan keadaan yang dialami Indonesia saat ini lebih baik jika dibandingkan dengan negara-negara maju karena pembuat kebijakan keuangan Indonesia juga merespons situasi ini dengan tepat. “Mereka menerapkan set peraturan yang dirancang untuk meyakinkan pasar keuangan serta memfasilitasi investasi pihak swasta serta mendorong ekspor,” katanya pada seminar “The Global Crisis, its Impact on the Nation’s Economy and Future Demand“.

Selain itu, lanjutnya, pembuat kebijakan keuangan Indonesia juga tetap melanjutkan pasar uang dengan jaminan pinjaman dari Bank Dunia serta rekan pembangunan lainnya. Sementara itu Managing Director Boston Cunsulting Group, Henning Streubel, menilai sektor energi berperan penting dalam menopang perekonomian Indonesia pada masa krisis seperti ini. “Indonesia memiliki pasar yang luas dan permintaan energi yang tinggi,” kata Henning.

Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal, Muhammad Luthfi, pada diskusi ini juga menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang terbuka untuk investasi. “Penanaman investasi dapat menjamin kemakmuran masyarakat. Oleh sebab itu, Indonesia sangat terbuka untuk peluang investasi,” kata Muhammad. Agar efektif dan efisien, tambah Streubel, kerja sama pemerintah dan pihak luar maupun dalam negeri harus mempertimbangkan pandangan kedua belah pihak yang bekerja sama.

Diskusi ini merupakan salah satu bagian dari acara bertajuk The 33rd Indonesian Petroleum Association (IPA) Convention and Exhibition yang diadakan di Jakarta. Hadir pada diskusi ini antara lain Wakil Presiden IPA Sammy Hamzah dan Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil serta Wakil Ketua KADIN Chris Kanter. SumberBerita

About Mardoto

A Lecturer of IDAFA.

Discussion

Comments are closed.

%d bloggers like this: