//
you're reading...
Idea

Pentagon makin intensif menggarap perang cyber!

Sudahkah anda membaca:

Pentagon Cyber Command To Create Force for Future

Pentagon To Create Force for Digital Warfare

Air Traffic Systems Vulnerable to Attack

Kalau belum, coba sempatkan berkunjung ke link yang telah saya sambungkan.

Amerika Serikat kini makin serius menyiapkan pasukan cyber mereka. Pentagon pun berbenah untuk menyiapkan kekuatan untuk perang digital. Militer Amerika Serikat akan melakukan pembenahan pada operasi cyber mereka. Salah satunya, kendali tentara cyber akan dipusatkan di Maryland. Demikian pernyataan Direktur National Security Agency, Keith Alexander, dalam pernyataan kepada sub-komite Armed Services di Dewan Perwakilan AS. Demikian TopTechNews memberitakan, 8 Mei 2009.

Pentagon, ujar Alexander, berniat untuk menjadikan AS sebagai yang terdepan dalam upaya menggunakan teknologi komputer untuk melawan dan mengalahkan musuh-musuhnya. Namun, tambahnya, hal itu dilakukan dengan tetap melindungi hak-hak konstitusional masyarakat. Pernyataan Pentagon ini menyusul disiapkannya pernyataan pemerintahan Obama mengenai kondisi keamanan cyber AS. Secara terpisah, lembaga independen National Research Council, telah mengkritisi kebijakan pemerintahan Obama seputar perang cyber.

Apakah kita tidak berfikir untuk membangun Geostrategi Indonesia tidak sekalian saja, lebih dari yang difikirkan Amerika Serikat? Mengapa kita mesti menjalankan suatu kebijakan setelah negara/bangsa lain menjalankan kebijakan tersebut? Apa tidak mungkin kita “melewati” proses ini, mengambil kebijakan di depan/mendahului kebijakan bangsa/negara lain? Bisa kok kita jadi pionir. Apalagi soal cyberwar, banyak WNI yang punya kemampuan hebat soal ini! Jadi, idea saya adalah membangun Ketahanan Nasional berbasis Teknologi Informasi. Selain itu, mestinya kita punya Skuadron/Batalyon khusus TI, sehingga untuk IT-war lebih tertata organisasi yang harus menghadapinya. Termasuk pemersiapan strateginya. Tentara IT sudah waktunya disiapkan oleh negara/bangsa kita secara lebih matang dan terencana, sebelum semuanya terlambat!

[Drs. H. Mardoto, M.T. , Penggugah Jiwa Kewarganegaraan, Tinggal di Yogyakarta]

About Mardoto

A Lecturer of IDAFA.

Discussion

Comments are closed.

%d bloggers like this: